Rabu, 04 Juni 2014

AI : Tugas Ke 3

Diposting oleh nadiapucino di 22.02
Nama    : Nadia Putri Dewinasari
Npm      : 24210897
Kelas    : 4EB18
Skripsi  :EVALUASI SISTEM  INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN IKATAN AKUNTANSI INDONESIA (IAI) CABANG BEKASI
Skripsi Ditolak 

Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan ini telah mendorong masyarakat memasuki era globalisasi informasi. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan yang mempengaruhi segala aspek kehidupan maka daya pikir manusia harus ditingkatkan.
Sistem informasi akuntansi merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu informasi perusahaan, karna Sistem Informasi Akuntansi dapat mengelola data menjadi informasi. Dalam mengelola data diperlukan sarana penunjang untuk membantu pengolahan data dengan cepat, dan hasil laporan yang diperlukan suatu lembaga pendidikan memerlukan suatu sistem yang disebut sistem informasi akuntansi.
Sistem informasi akuntansi dirancang sedemikian rupa oleh suatu perusahaan sehingga dapat memenuhi fungsinya yaitu menghasilkan informasi akuntansi yang tepat, relevan, dan dapat dipercaya.
Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. (Krismiaji,2010:4)
 Sistem informasi akuntansi merupakan alat penting bagi manajemen untuk menghasilkan aktifitas-aktifitas perusahaan terhadap rencana yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Sehingga rencana pemisahan tugas dapat berjalan secara efisien, efektif dan terarah. Sistem informasi akuntansi tidak hanya mengolah data keuangan saja, data non keuangan juga diikut sertakan, karena dalam pengambilan keputusan tidak hanya informasi keuangan saja yang diperlukan, informasi non  keuangan  tentang  suatu  kondisi  dan  keadaan  juga  dapat  dipergunakan  sebagai  pertimbangan  dalam pengambilan keputusan di suatu instansi atau Lembaga Pendidikan.
Sistem informasi ini juga diharapkan dapat mengurangi kesalahan yang terjadi, terutama sistem informasi akuntansi mengenai penerimaan kas saat menghasilkan informasi keuangannya yang sesuai dengan standar akuntansi.
Sistem akuntansi penerimaan kas atau siklus pendapatan merupakan bagian penting dalam siklus akuntansi yang digunakan oleh suatu perusahaan sebagai sarana penunjang kegiatan operasional. Dalam sistem penerimaan kas diperlukan adanya prosedur yang baik yang nantinya akan sesuai dengan kebijakan manajemen yang telah ditetapkan. Penerimaan kas yang dilakukan di luar prosedur yang telah ditentukan, akan memungkinkan terjadinya penyelewengan, pencurian dan penggelepan kas.
Sebuah lembaga pendidikan IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia) cabang Bekasi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bergerak dalam bidang jasa non formal. Dalam menjalankan jasa pendidikan, IAI cabang Bekasi melakukan sistem pembayaran uang iuran peserta dari berbagai kalangan, baik dari mahasiswa maupun karyawan. Sistem yang digunakan masih secara manual, dan belum terkomputerisasi. Hal ini membuat pekerjaan menjadi kurang efektif dan efesien, karena pencatatan akuntansi dan pengolahan transaksi yang ada masih dilakukan dengan cara manual, kemungkinan akan terjadi kesalahan pemasukan data dan tidak adanya program khusus yang menangani permasalahan tersebut serta laporan keuangannya belum sesuai dengan standar akuntansi yang seharusnya.
Oleh karna itu, Lembaga pendidikan IAI dituntut untuk meningkatkan kinerja dan daya saing sebagai lembaga pendidikan non formal, dengan tidak mengurangi misi sosial yang dibawanya. Karena itu dibutuhkannya sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada sebuah lembaga pendidikan bimbingan belajar IAI, untuk dapat menjaga kelancaran dalam sistem informasi akuntansi penerimaan kas.

KESIMPULAN
Sistem akuntansi penerimaan kas atau siklus pendapatan merupakan bagian penting dalam siklus akuntansi yang digunakan oleh suatu perusahaan sebagai sarana penunjang kegiatan operasional. semakin baik prosedur penerimaan kas yang dilakukan instansi, maka akan semakin dapat dipercaya besarnya akun kas yang dilaporkan pada laporan keuangan instansi tersebut. Disamping itu dengan penerapan prosedur pengelolaan kas yang baik, maka kemungkinan tingkat penyelewengan dan penggelapan kas akan mudah ditelusuri

Sumber:
1)      Kandouw Michael Vendy. 2013.  Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Pada P.T Catur Sentosa Adiprana Cabang Manado. Jurnal EMBA
2)      Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

0 komentar:

Posting Komentar

 

nadiapucino Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea